Ciri Khusus Kerang


Disini kita akan sedikit mengulas tentang pengertian kerang yaitu binatang laut yang masuk kedalam golongan hewan dengan tubuh lunak (moluska). Ciri khusus kerang dapat kita lihat dari bentuk fisik dari binatang ini, yang mana pada bagian luar struktur tubuhnya terlindungi oleh cangkang keras seperti batu atau keramik.

Ciri Khusus Kerang

Ciri ciri yang dapat ditemukan pada kerang atau kerang-kerangan adalah adanya sepasang cangkang yang dinamakan cangkok dan katup yang melindungi tubuh kerang dari gangguan fisik luar. Kedua cangkang ini terhubung oleh jaringan ikat yang diatur dengan otot adduktor sehingga memungkinkan cangkang untuk membuka dan menutup.

Ciri kerang yang lainnya adalah hewan ini tidak mempunyai kepala maupun otak, bentuk tubuhnya hanya berupa simping dengan mata yang dilengkapi organ mulut, anus, jantung dan ginjal. Kaki pada kerang lebih mirip dengan organ pipih lunak yang dapat digunakan untuk bergerak ketika cangkangnya terbuka.

Kerang menyaring air laut untuk memakan plankton, kerang muda memiliki jenis ke lamin jan'tan, sedangkan ketika sudah dew4sa kadang mereka berubah menjadi beti'na untuk bertelur.

Kerang mempunyai gonad, sejenis kelenjar genital yang memproduksi sp3rma atau sel telur tergantung pada jenis kelamin kerang. Telur yang terbuahi diluar dan berkembang menjadi larva yang disebut trochophore, yang nantinya akan berenang mengikuti arus dan menempel di suatu tempat sebelum cangkangnya mulai terbentuk.

No comments:

Post a Comment