Pengertian Jual Beli Menurut Hukum [KUHP]


Banyak yang belum mengerti apa itu pengertian jual beli menurut hukum yang ada di Indonesia, definisi jual beli menurut KUHP dapat kita lihat dalam pasal 1457 perdata. Jika anda juga masih bingung antara bagaimana hukum jual beli menurut Islam dan bagaimana contoh serta perjanjian-nya, maka kita akan membahas lebih jauh di pertemuan mendatang.

Isi dari pasal 1457 perdata mengenai jual beli adalah: jual-beli adalah suatu persetujuan dengan mana pihak yang satu mengikatkan dirinya untuk menyerahkan suatu kebendaan, dan pihak yang satu lain untuk membayar harga yang telah dijanjikan.

Dari sedikit kutipan diatas dapat kita lihat kalau jual beli merupakan kegiatan yanjg melibatkan dua pihak, dimana antara kedua pihak tersebut saling menguntungkan baik dari segi penjual maupun pembeli.

Proses jual beli hanya akan dianggap sah apabila kedua pihak menyetujui apa yang sudah diputuskan tanpa tekanan dari pihak manapun. Kurang lebih itulah sedikit pembahasan tentang pengertian jual beli menurut hukum.

No comments:

Post a Comment