Ciri Khusus Tapir, Salah Satu Binatang Langka


Membahas tentang ciri khusus tapir yaitu salah satu binatang langka yang dilindungi maka akan membuat kita mengerti akan jenis hewan-hewan yang mulai punah dimuka bumi ini. Tapir adalah binatang herbivora yang memakan dedaunan muda disepanjang hutan atau pinggiran sungai.

Tapir hidup di Asia Tenggara mulai dari Thailand, Semenanjung Malaya, hingga Sumatera. Ukuran tubuh tapir yaitu kurang lebih tinggi 177 cm dengan panjang 250 cm dan berat tubuh 260 kg - 375 kg.

Ciri khusus tapir yaitu memiliki hidung yang panjang seperti belalai gajah, namun pada tapir ukurannya sedikit lebih pendek. Ketika tapir berjalan, dia seakan kelihatan menunduk dengan hidung yang hampir menyentuh tanah. Pada jari-jari kaki tapir juga memiliki satu keunikan, yaitu jari kaki depan berjumlah empat, sedangkan pada jari kaki belakang hanya ada tiga.

Ciri khas tapir lainnya yaitu pada warna bulunya yang memiliki dua warna berbeda. Warna bulu pada tubuh bagian depan yaitu kepala, kaki, dan leher ebrwarna hitam. Sedangkan bagia tubuh belakang memiliki warna putih.

Ketika hidup di alam bebas, umur tapir dapat mencapai hingga sekitar 30 tahun.

No comments:

Post a Comment