Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Jenis-jenis Simbiosis dan Penjelasannya

Jenis-jenis Simbiosis dan Penjelasannya

Hubugan timbal balik antara dua makhluk hidup disebut simbiosis. Ada 3 jenis simbiosis, yaitu:

Simbiosis Mutualisme

Makanan lebah adalah madu yang berasal dari bunga, sama dengan kupu-kupu yang juga memiliki makanan madu. Pada saat menghisap madu, tubuh lebah akan menyentuh bagian bunga yaitu putik dan benang sari. Akibatnya serbuk sari dapat menempel pada kepala putik sehingga terjadi penyerbukan.

Selain kupu-kupu dan lebah, yang dapat membantu penyerbukan adalah burung-burung kecil yang menghisap madu. Burung tersebut biasanya memiliki paruh yang panjang sehingga dapat masuk ke dalam bunga untuk menghisap madu.

Jadi, simbiosis mutualisme adalah hubungan timbal balik antara dua makhluk hidup yang saling menguntungkan. Contoh lain dari simbiosis mutualisme adalah antara burung jalak dan kerbau. Burung jalak mencari makan dari tubuh kerbau yang berupa kutu. Kerbau pun merasa diuntungkan karena kutu yang mengganggu di badannya dimakan oleh burung jalak.

Simbiosis Komensalisme

Pernahkah kamu melihat suatu tanaman menempel pada pohon yang lebih besar? Misalnya sejenis tanaman paku, lumut kerak dan anggrek menempel pada pohon mahoni, mangga atau jambu air.
Anggrek dan paku sarang menempel pada pohon lain, tetapi tidak mengambil apa pun dari pohon yang ditempelinya karena daun anggrek atau paku berwarna hijau sehingga dapat membuat makanannya sendiri. Jadi, tanaman yang menempel tidak merugikan maupun menguntungkan tanaman yang ditempelinya. Hubungan timbale balik antara dua makhluk hidup yang keduanya tidak diuntungkan jiga tidak dirugikan disebut simbiosis komensalisme.

Simbiosis Parasitisme

Tahukah kamu tanaman tali putri? Tali putri berwarna kuning dan berbentuk seperti tali. Hidup di pohon lain dengan merambat ke seluruh daun tanaman lain yang berwarna hijau. Tanaman tempat hidup tali putru disebut tanaman inang atau induk. Tali putri menghisap makanan dari tanaman inangnya maka tanaman inang akan mati. Hubungan timbale balik antara dua makhluk hidup yang satu diuntungkan dan yang lain dirugikan disebut simbiosis parasitisme. Contoh tanaman parasit adalah benalu. Benalu yang dikenal untuk obat-obatan adalah benalu dari pohon teh.
Open Comments

Post a Comment for "Jenis-jenis Simbiosis dan Penjelasannya"