Apa Itu Boraks, Pengertian dan Penjelasan Tentang Borax


Tentu kita pernah mendengar istilah boraks dalam kehidupan sehari-hari, mengenai apa itu boraks rasanya tidak perlu dijelaskan secara panjang lebar karena pengertian borax mengacu pada tambahan tertentu yang digunakan dalam suatu benda untuk tujuan pengawet atau agar tidak merusak jaringan benda tersebut. Misalnya boraks digunakan sebagai bahan pengawet pada makanan, meskipun sudah lama dilarang penggunaannya namun dalam kenyataannya masih banyak praktek ilegal penggunaan zat berbahaya ini.

Boraks adalah garam natrium yang banyak digunakan pada produk non pangan yang melibatkan proses tertentu dalam industri misalnya pembuatan gelas, kertas, keramik, dan penga'wet kayu. Ciri khusus boraks adalah bentuknya yang berupa kristal mirip garam biasa yang tidak berasa dan tidak berwarna.

Adanya senyawa aktif asam borat yang terkandung dalam borax dinilai menyebabkan boraks menjadi sangat kuat apabila digunakan untuk bahan pengawet, misalnya pada gelas pyrex yang sudah dikenal memiliki kekuatan tinggi dalam kelasnya.

Sifat boraks yang sangat mudah larut di dalam air menjadikan boraks banyak disalahgunakan sebagai bahan pengawet makanan karena memang makanan yang dicampur dengan boraks akan memiliki daya keawetan berlipat ganda dibandingkan makanan biasa yang tidak menggunakan boraks.

Banyak penyelidikan yang menunjukkan di masa sekarang ini masih banyak oknum yang menggunakan boraks sebagai pengawet makanan meskipun sudah ada pengganti borax yang memiliki kandungan zat yang lebih aman bagi kesehatan tubuh.

Kandungan boraks yang masuk ke dalam tubuh dalam jumlah tinggi dapat menyebabkan resiko gangguan kesehatan yang cukup serius seperti muntah, mencret, kejang perut, hilang nafsu makan, demam, anuria (tidak terbentuknya urin), koma, merang'sang sistem saraf pusat, menimbulkan depresi, apatis, sianosis, turunnya tekanan da'rah, kerusakan pada ginjal, pingsan, dan yang paling parah dalam menyebabkan kematian.



No comments:

Post a Comment