Pengertian Rasa Ingin Tahu Menurut Para Ahli


Apakah pengertian rasa ingin tahu menurut para ahli yang telah di definisikan dalam sejarah atau pelajaran? Rasa ingin tahu dapat merupakan sumber dari adanya kreatifitas seorang anak terhadap lingkungannya sehingga menciptakan pribadi yang produktif dan mampu bersaing dalam perkembangan lingkungan sekelilingnya. Dalam keseharian, rasa ingin tahu identik dengan perkembangan kreatif seorang anak yang menentukan bagaimana anak tersebut dapat memberikan penjelasan mengenai apa yang ditangkapnya dari materi pelajaran yang diberikan.

Dalam perkembangannya, perasaan ingin mengetahui segala hal yang baru ini akan menjadi modal utama bagi seseorang untuk lebih mudah mewujudkan apa yang ada dalam benak mereka , yaitu sebuah gagasan untuk dijadikan kenyataan. Rasa keingin tahuan yang besar adalah landasan untuk menjadi seorang dengan ide-ide cemerlang, yang selanjutnya akan mempengaruhi kecerdasan seorang anak.

Bagaimana para ahli mendefinisikan rasa ingin tahu dan kreatifitas tersebut? Yuk simak pendapat ahli mengenai apa itu pengertian rasa ingin tahu dan kaitannya dengan kreatifitas seseorang.

Berikut pendapat ahli:
Pengertian Kreativitas Menurut  Widayatun: Kreativitas adalah suatu kemampuan untuk memecahkan masalah, yang memberikan individu menciptakan ide-ide asli/adaptif fungsi kegunaannya secara penuh untuk berkembang. 
Pengertian Kreativitas Menurut  James R. Evans: Kreativitas adalah keterampilan untuk menentukan pertalian baru, melihat subjek perspektif baru, dan membentuk kombinasi-kombinasi baru dari dua atau lebih konsep yang telah tercetak dalam pikiran

Dari pendapat kedua orang ahli tersebut dapat kita ketahui bahwa kaitan antara rasa ingin tahu dan penasaran seseorang akan mempengaruhi bagaimana dia memutuskan suatu masalah dengan baik, karena dengan kreatifitas tinggi maka akan ada jalan yang tak di duga yang kaitannya dengan pencarian ide untuk keluar dari suatu masalah akan tercapai dengan baik.

Setelah melihat pendapat para ahli tentang definisi kreativitas dan pemberdayaan pikiran seseorang maka kita akan dihadapkan pada masalah yang tidak mudah, yaitu bagaimana melatih perasaan seseorang agar selalu ingin tahu akan hal baru yang mana hal itu dapat memancing ide kreatif untuk muncul dan menjadikan dia mudah dalam menghadapi segala kemungkinan. Karena dalam kehidupan ini sangat penting adanya kemampuan untuk menciptakan hal-hal baru dari kejenuhan yang ada sehingga akan lebih membuat apa yang kita lakukan menjadi beragam dan menarik.

No comments:

Post a Comment