Mitos Arti Menyapu Sampah Waktu Malam Hari


Kenapa tidak boleh menyapu sampah di malam hari? Pertanyaan ini pasti sering anda dengar, atau barangkali malah anda pernah juga menanyakannya dalam hati. Larangan sapu sampah waktu malam memang bukan mitos baru lagi yang berkembang dalam kehidupan sehari-hari kita. Mereka yang merupakan orang tua-tua kadang melarang untuk tidak menyapu halaman rumah atau sampah pada saat hari sudah gelap. Lantas apa mitos dibalik semua itu?

Banyak orang mengatakan apabila membersihkan sampa diwaktu malam hari dapat menyebabkan suatu keadaan buruk yang menjadikan nasib manusia berubah. Dan kepercayaan akan hal itu memang berkembang dalam kehidupan kita, tak heran banyak yang menghubungkannya dengan hal-hal yang berbau mitos.

Meskipun sampah adalah kotoran namun ketika kita hendak menyapunya maka ada baiknya untuk melihat waktu, apakah sudah malam atau belum. Lantas apakah makna tidak boleh menyapu sampa dimalam hari?

Menurut mitos, menyapu sampah ketika hari sudah gelap dapat menyebabkan rezeki hilang atau nasib yang kurang baik akan menimpa kita. Namun apakah hal ini benar adanya?

Kalau untuk mempercayai mitos tersebut memang tidak semua orang dapat menerimanya, namun masih banyak juga yang percaya akan hal tersebut sehingga mereka memilih untuk tidak melanggarnya. Tapi dibalik mitos tersebut kalau kita mau mencermati sebenarnya ada hikmah yang dapat dipetik.

Dibalik mitos diatas kita dapat mengambil sisi positifnya yaitu kenapa tidak oleh menyapu diwaktu malam? Karena ketika hari sudah gelap maka menyapu sampah bukanlah ide baik karena percuma saja ketika sampah tersebut tidak dapat dibersihkan dengan maksimal. Juga banyak hal lain yang dapat kita lakukan misalnya mandi, makan atau istirahat disaat malam hari dan bukan malah membersihkan kotoran.

No comments:

Post a Comment