Penyebab Benda Bermuatan Listrik jika digosok dengan Benda Lain


Banyak jenis benda yang apabila saling digosokkan maka akan menciptakan muatan listrik positif dan negatif sehingga dapat menimbulkan adanya muatan listrik pada benda mati tersebut. Penyebab benda bermuatan listrik ketika digosok dengan benda lain tersebut dapat terjadi karena adanya susunan atom dari benda tersebut.

Dalam atom memiliki susunan proton, elektron, dan netron yang akan memberikan reaksi berbeda apabila didekatkan dengan benda lain yang muatannya berbeda pula. Tiap benda mempunyai susunan atom yang tidak sama dengan benda lain, misalnya pada kulit, susunan elektron pada benda tersebut tidak sama dengan penggaris atau kertas.

Akibatnya apabila elektron terusik oleh susunan elektron benda yang digosokkan maka akan menyebabkan timbulnya muatan listrik pada benda tersebut. Karena elektron muatannya negatif, maka ketika mengalami perpindahan pada kulitnya maka inti dari susunan atom tersebut tidak lagi bersifat netral. Hal ini yang akan menjadi penyebab adanya muatan listrik pada benda yang mengalami gesekan dengan benda lain.

Muatan listrik yang timbul karena gosokan benda tersebut ada dua macam, yakni muatan listrik positif dan negatif. Ketika benda memiliki muatan listrik positif maka susunan atom benda tersebut dalam keadaan kekurangan elektron, sedangkan ketika bermuatan negatif maka sebaliknya, susunan atom benda tersebut mempunyai elektron yang berlebihan.

Dari banyak percobaan yang dilakukan maka tidak semua benda dapat memberikan muatan listrik pada benda lain ketika digosokkan. Hanya benda benda tertentu yang dapat menimbulkan reaksi demikian, maka dari itu disini ketika anda ingin melakukan uji coba sebaiknya memilih benda yang tepat supaya terjadi reaksi listrik seperti yang di inginkan.

No comments:

Post a Comment