KEDUDUKAN DAN FUNGSI BAHASA INDONESIA


Kedudukan Bahasa
Bahasa adalah alat komunikasi antar anggota masyarakat, berupa lambang bunyi suara yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Sedangkan, Bahasa Indonesia sendiri adalah bahasa nasional warga Indonesia. Jadi kedudukan bahasa Indonesia adalah sebagai alat pemersatu bangsa.

Lalu, apa sajakah fungsi Bahasa? Berikut ulasannya:

  • Untuk tujuan praktis yaitu ntuk mengadakan hubungan dalam pergaulan sehari-hari
  • Untuk tujuan artistic. Dalam hal ini manusia dapat mengolah dan mempergunakan bahasa itu dengan cara seindah-indahnya guna pemuasan rasa estetis manusia
  • Menjadi kunci untuk mempelajari ilmu pengetahuan
  • Untuk tujuan filologi. Dalam hal ini bahasa dapat digunakan untuk mempelajari naskah-naskah tua yang memiliki latar belakang kehidupan manusia
  • Alat ekspresi


Apa sajakah bentuk bahasa? Bahasa dapat diklasifikasikan menjadi dua bentuk, yaitu bahasa Lisan dan Bahasa Tulis. Bahasa lisan adalah bahasa yang digunakan untuk alat komunikasi secara langsun . Sedangkan bahasa Tulis adalah bahasa yang digunakan dalam komunikasi secara tidak langsung atau bahasa yang menggunakan kode atau penyandian yang bersifat arbitrer. Bahasa Tulis itu sendiri masih dibedakan menjadi dua, yaitu:

  • Fiksi yaitu berupa imajinasi atau pengembangan daya khayal manusia. Fiksi pada umumnya berhubungan dengan perasaan
  • Nonfiksi yaitu berdasarkan fakta yang dapat dibuktikan kebenarannya, logis, dan ilmiah.


Berdasarkan bobot tulisannya bahasa tulis dapat dibedakan menjadi tiga :

  1. tulisan ilmiah,
  2. semi ilmiah dan
  3. Non ilmiah


Ciri-ciri Tulisan Ilmiah/ Bahasa Ilmiah

  • Pertama, tulisan ilmiah merupakan pembahasan suatu hasil yang bersifat faktual objektif. Artinya fakta yang didapat sesuai dengan objek yang dilihat/diteliti.
  • Kedua, tulisan ilmiah bersifat metodis dan sistematis. Artinya pembahasan masalah menggunakan cara dan metode tertentu, dengan langkah-langkah yang terkntrol melalui proses penginderaan dan penentuan strategi
  • Ketiga, dalam pembahasanya tulisan ilmiah menggunakan bahasa baku yang bersifat lugas sehingga tidak menimbulkan penafsiran dan makna taksa (ambigu)


Dibawah ini adalah tabel contoh perbedaan bahasa ilmiah dan bahasa non-ilmiah

KEDUDUKAN DAN FUNGSI BAHASA INDONESIA

Prinsip Bahasa Ilmiah
Penulisan bahasa ilmiah harus menggunakan bahasa yang baik dan benar. Sebuah kalimat yang tidak bisa diidentifikasikan subjek dan predikatnya serta hubungan apa yang terkait kemungkinan besar akan menimbulkan informasi yang tidak jelas. Tata bahasa merupakan ekpresi dan logika berpikir. Tata bahasa yang tidak cermat merupakan logika yang tidak cermat pula.

No comments:

Post a Comment