Judul yang Cocok Buat Cerpen Tema Budaya


Menentukan judul yang cocok buat cerpen tema budaya memang gampang-gampang susah, kadang kita sudah memikirkan secara menyeluruh apa saja pilihan judul yang bagus, namun ditengah jalan saat kita mengarang cerita tersebut ternyata isinya melenceng jauh dari judul dan topik utama.

Menyusun cerpen bertema budaya sebenarnya hampir sama dengan tema-tema yang lain, misalnya tema remaja atau cinta. Hanya saja yang perlu diperhatikan mungkin adalah karena budaya itu berhubungan dengan suatu daerah dan benar-benar nyata, maka tidaklah sama dengan cerpen fisktif yang dapat dengan mudah kita tentukan karakter dan latar yang akan dimunculkan.

Menurut saya, menentukan judul yang tepat dan menarik untuk cerpen tema budaya adalah dapat dilakukan belakangan. Yang lebih penting yaitu menyiapkan kerangka karangan, dan menulis terlebih dahulu alur cerita dan hal-hal lain yang termasuk dalam unsur intrinsik cerita pendek tersebut. Hal ini akan menghindari dari adanya judul yang tidak nyambung dengan isi.

Namun apabila kamu bersikeras hendak mencari judul yang bagsu, maka jangan lupa untuk memilih dan membagi kedalam bagian yang lebih sempit dari kategori cerita yang akan kamu tulis, misalnya budaya daerah mana, dan akan menceritakan tentang legenda atau kisah apa.

Contoh judul yang sesuai mungkin adalah sebagai berikut:
  1. Cerita tentang legenda terjadinya gunung berapi: "Misteri Dibalik Kawah Merapi"
  2. Cerita tentang binatang tertentu: "Kancil dan Buaya yang Dungu"
  3. Cerita tentang adat tertentu: "Uniknya Budaya Suku Nias"


No comments:

Post a Comment