Contoh Nama Tumbuhan yang Hidup di Air


Ada beberapa jenis tanaman yang tumbuh di air dan darat sehingga memberikan inspirasi bagi kita untuk mencari apa saja contoh tumbuhan yang hidup di air. Nama-nama tumbuhan tersebut dapat dikenal dengan mengetahui nama latin dan nama sehari-harinya saja. Lantas ada berapa macam tumbuhan yang hidupnya berada di air? Diantara ciri khusus tumbuhan yang hidup di air dapat dilihat dari kerakteristik dan bentuk fisiknya, juga dengan memperhatikan sifat dari tumbuhan tersebut.

Ada banyak macam tanama air yang terdapat disekitar kita, yang mempunyai ciri ciri antara lain dapat tumbuh dengan mudah di daerah perairan dan rawa-rawa. Misalnya tumbuhan enceng gondok yang akan tumbuh mengapung di kolam atau danau, dengan daun hijau terang dan batangnya yang menjuntai ke air akan memberikan kesan bahwa enceng gondok tumbuh mengapung diatas air.

Nama tumbuhan lainnya yang hidup di air adalah teratai, tanaman yang masuk kedalam kategori bunga-bungaan ini akan dapat bertahan hidup pada teksur tanah yang banyak mengandung air. Biasanya teratai akan tumbuh pada daerah rawa atau tepi sungai yang tergenang air. Daun teratai akan tumbuh melebar dan besar apabila mendapatkan kadar tanah yang subur. Daun ini akan melebar diatas permukaan air sehingga menutup air dibawahnya. Sedangkan bunganya dapat tumbuh dengan warna merah, kuning terang atau warna lainnya yang menarik.

Kapu-kapu, akan dapat hidup dengan adanya tanah dan air, jika kebanyakan air dan terkena sianr matahari langsung, maka daunnya akan cepat rusak karena daun kapu kapu sangat lembut. Akar tumbuhan ini akan menggantung kebawah yaitu didalam air, sehingga sangat pas untuk tempat ikan bertelur dan bersembunyi.

Itulah diantara tanaman yang tumbuh dan berkembang di air atau memerlukan banyak air untuk tumbuh. Apabila masih kurang, maka berikut ini adalah nama-nama tumbuhan air yang sering kita temui: azolla, sagittaria, selada air, giant arum, iris ,rumput mesir, pegagan air, melati air, echinodorus, lotus,water lily, teki air, papyrus, arrow head, bakau

No comments:

Post a Comment