Penyebab Sakit Mata Merah dan Pegal Secara Tiba-Tiba


Mungkin sering diantara kita mengalami sakit mata terasa pegal secara tiba-tiba tanpa sebab yang pasti, dan karena rasa sakit pada mata tersebut dapat mengakibatkan timbulnya penyakit yang mungkin lebih serius maka ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter. Kehadiran sayap kemerahan pembuluh darah yang bengkak dan membesar disebabkan, yang menyebabkan permukaan mata menjadi merah atau merah.

PERTIMBANGAN UMUM
Ada banyak kemungkinan penyebab kemerahan pada satu atau kedua mata dan beberapa mungkin darurat mengganggu atau bahkan medis, sementara yang lain tidak ada konsekuensinya atau kekhawatiran sama sekali. Biasanya, tingkat kemerahan atau penampilan darah tidak berkorelasi dengan keparahan situasi. Hal ini biasanya lebih penting apakah Anda juga memiliki sakit mata atau gangguan penglihatan.

PENYEBAB UMUM
Mata merah tampak merah karena pembuluh pada permukaan bagian putih mata (sclera) menjadi membesar dan iritasi, yang dapat terjadi karena udara sangat kering, paparan sinar matahari, bubuk, benda asing, reaksi alergi, infeksi, trauma atau kondisi lainnya.

Penyebab umum dari mata merah tegang atau batuk. Hal ini dapat menyebabkan pengajuan daerah merah terang berdarah seragam padat di sclera, disebut perdarahan subconjunctival. Meskipun wilayah ini dengan adanya darah mungkin tampak mengkhawatirkan, sangat umum dan signifikansi kecil. Jika Anda melihat noda darah di mata yang tidak sakit, tapi itu hanya tampak buruk, jangan khawatir karena biasanya hilang dengan sendirinya dalam waktu satu atau dua minggu.

Infeksi atau peradangan pada mata dapat terjadi di tempat yang berbeda dan menyebabkan kemerahan serta mungkin gatal, debit, nyeri atau visi masalah. Hal ini tidak sama dengan arti kedutan dimata yang sering kita alami, karena hal itu akan menjadi pembahasan yang berbeda apabila dikaitkan dengan sakit mata.

Peradangan blepharitis dari folikel bulu mata di sepanjang kelopak mata yang disebabkan oleh bakteri dari kulit. Hal ini umum untuk menyajikan kelopak mata gatal mungkin muncul berminyak atau kering.

Konjungtivitis: peradangan atau infeksi pada selaput yang melapisi kelopak mata dan menutupi permukaan mata (konjungtiva). Kondisi ini sering disebut "mata merah" dan dapat disebabkan oleh virus, bakteri, alergi atau iritasi. Jika hal itu disebabkan oleh mikroorganisme sangat menular.
Ulkus kornea: ulkus muncul di permukaan luar mata, biasanya karena infeksi bakteri atau virus.
Uveitis Peradangan uvea, yang meliputi iris, silia tubuh dan koroid. Hal ini sering dikaitkan dengan gangguan autoimun, infeksi atau paparan racun. Seringkali, hanya iris meradang, yang disebut iritis.

Penyebab potensial lainnya termasuk:

  1. Dingin atau alergi
  2. Benda asing di mata yang memotong atau menyebabkan kerusakan. (Lihat darurat mata)
  3. Glaukoma akut: peningkatan mendadak tekanan mata yang sangat menyakitkan dan menyebabkan gangguan visual yang serius. Ini dianggap sebagai keadaan darurat medis. Sering kali, glaukoma kronis dan bertahap.
  4. Lecet kornea yang disebabkan oleh pasir, debu atau penggunaan berlebihan lensa kontak.
  5. Perdarahan masalah (misalnya, karena penggunaan yang berlebihan dari obat antikoagulan)


RUMAH PERAWATAN
Untuk kelelahan atau kelelahan mata, cobalah untuk mengistirahatkan mata Anda. Tidak ada pengobatan yang diperlukan.

Jika Anda memiliki konjungtivitis:

  • Hindari menyentuh mata yang terinfeksi dan kemudian menggosok mata lainnya, karena infeksi dapat menyebar dari satu mata ke yang lain.
  • Terapkan kompres dingin atau hangat sepanjang hari.
  • Jangan memakai makeup atau hubungi lensa sampai infeksi hilang. Membuang item seperti ini yang digunakan dalam mata terinfeksi.
  • Cuci tangan Anda sering.


Jika Anda memiliki blepharitis:
Terapkan kompres hangat untuk mata Anda selama 5 menit minimal 2 kali sehari.
Menggunakan kapas, lembut menggosok larutan air hangat dan sampo bayi untuk memproduksi air mata, di mana bulu mata memenuhi tutupnya. Lakukan ini di pagi hari dan sebelum tidur.

HUBUNGI DOKTER ANDA JIKA

  • Anda memiliki sakit kepala bersama dengan penglihatan kabur atau kebingungan.
  • Anda melihat halos sekitar lampu.
  • Anda mengalami mual dan muntah.
  • Hubungi dokter jika:
  • Matanya merah lebih dari satu atau dua hari.
  • Memiliki sakit mata atau visi perubahan.
  • Mengambil obat pengencer darah seperti warfarin.
  • Anda mungkin memiliki benda asing di mata.
  • Hal ini sangat sensitif terhadap cahaya.
  • Memiliki debit kuning atau kehijauan dari satu atau kedua mata.


No comments:

Post a Comment