Ciri Khusus Cendawan [Jamur]


Sebelum membahas tentang ciri khusus cendawan mari kita lihat terlebih dahulu apa itu pengertian cendawan sebenarnya. Cendawan atau jamur adalah tumbuhan yang tidak mempunyai zat hijau daun atau klorofil, cendawan juga merupakan organisme eukariotik karena sel penyusunnya telah memiliki membran inti.

Ciri Khusus Cendawan [Jamur]

Ciri-ciri cendawan dapat kita lihat diantaranya dari batangnya yang tersusun dari banyak benang halus yang disebut hifa. Cara berkembang biak cendawan umumnya menggunakan cara vegetatif, namun demikian ada juga jenis cendawan yang berkembang dengan cara generatif.

Cendawan merupakan organisme yang berkembang biak dengan cara menyerap nutrisi dari inangnya, namun demikian cendawan juga menghasilkan zat yang berguna bagi organisme yang ditumpanginya sehingga bisa dikatakan hubungan tersebut saling menguntungkan (simbiosis mutualisme).

Jamur dapat hidup dilingkungan yang lembab, beberapa jenis jamur tumbuh di air dan ada yang bersifat merugikan namun ada juga jamur yang menguntungkan manusia. Demikianlah sedikit ulasan tentang ciri khusus jamur atau cendawan.

No comments:

Post a Comment