Ini Dia Contoh Majas Pertautan Metonimia


Membahas tentang contoh majas pertautan metonimia maka akan mengingatkan kita pada pengertian majas tersebut. Dimana majas pertautan adalah majas yang berisi kata kiasan yang mempunyai tautan atau kiasan dengan gagasan, ingatan atau kegiatan panca indra pembicara atau penulisnya. Mebuat majas ini adalah merupakan imajinasi dari penulis majas tersebut bagaimana untuk menjadikannya kalimat yang menarik dan memiliki tautan dengan apa yang ingin disampaikan secara tersirat oleh penulis.

Sebenarnya terdapat banyak jenis asosiasi yang menjadikan jenis majas ini juga beraneka ragam, seperti majas pertautan sinekdok dan majas pertautan alusio. Namun yang akan dibahas kali ini adalah satu diantara majas pertautan tersebut yaitu metonimia atau netonimia.

Metonimia adalah sebuah majas yang berisi ungkapan yang menyatakan suatu pegertian dengan kata-kata yang sebenarnya dengan kata yang ditautkan atau berasosiasi dengan kata tersebut. Terdapat banyak contoh dari metonimia yang dapat kita temukan dalam kalimat dari benda-benda sekitar kita, yang secara tidak langsung sering kitra gunakan dalam kosakata sebuah kalimat.

Baca juga tentang majas penegasan disini: http://craigphillips-work.blogspot.com/2014/03/pengertian-jenis-dan-contoh-majas.html

Berikut contoh majas pertautan metonimia dalam kalimat:

  1. Si kaos merah berusaha mencetak gol. (orang yang memakai kaos merah)
  2. Atlet andalan kita mendapat Perak. (juara ke-2)
  3. Si kulit bundar ditendang sampai ujung lapangan. (Bola)


Kata-kata yang dicetak tebal dari kalimat diatas adalah yang mengandung sebuah ungkapan metonimia yang apabila di artikan dalam kalimat yang sebenarnya maka akan mengacu pada suatu obyek misalnya benda atau seseorang dengan ciri khusus tertentu.

Dari kalimat diatas sebenarnya tanpa kita sadari kadang kita sudah menerapkan penggunaan majas ini dalam percakapan sehari-hari, dimana kalimat yang di ucapkan kadang mengandung unsur majas pertautan namun karena tidak paham akan jenis majas itu maka kita tidak tahu. Ada banyak lagi contoh yang dapat ditemukan, silakan melengkapi sendiri bagi anda yang ingin belajar lebih jauh tentang majas tersebut.

No comments:

Post a Comment