Ciri Khusus Berang-Berang dan Morfologinya


Pembahasan mengenai ciri khusus berang-berang ini adalah kelanjutan dari tulisan sebelumnya tentang contoh tumbuhan air yang telah kita bahas dan mendapatkan benyak respon positif. Mengenal karakteristik berang berang adalah penting karena banyak ciri ciri yang dapat diketahui terkait hewan tersebut. Binatang ini hidup hampir diseluruh belahan bumi kecuali di Australia, ketika melihat pada bentuk fisik berang berang maka akan mengingatkan kita pada binatang dengan makanan ikan yang hidup di air.

Binatang ini adalah termasuk dalam kategori mamalia yang mencari ikan, kerang,mamalia kecil , dan binatang amfibi sebagai makanannya. Tidak heran apabila kita melihat sekali-kali binatang ini menangkap ikan di perairan dan muncul dipermukaan air kemudian menyelam kembali untuk mencari makanan.

Morfologi berang-berang dapat dilihat dari bentuk tubuhnya yang menyerupai musang dengan ciri khusus yaitu selaput pad atungkainya yang dapat digunakan utuk berenang. Ekornya panjang dan berotot, berfungsi sebagai penyeimbang ketika berada dalam air dan bulu lebat yang tumbuh pada tubuhnya melindungi hewan ini dari berbagai gangguan lingkungan hidupnya.

berang-berang

Bulu atau rambut yag tubuh ada berang-berang memiliki dua lapisan yaitu pada bagian bulu dalam berupa rambut halus yang dapat menyimpan udara, sehingga ketika lama dalam air maka kulitnya tidak akan basah. Sedangkan rambut luar yang panjang dan kaku melindunginya dari lingkungan yang kotor dan kasar.

Salah satu jenis berang-berang akan menghabiskan waktunya di daratan tepi danau, sungai atau laut. Kemudian untuk mencari makanan mereka menyelam kedalam air dan mencari makanan pokok yakni ikan, udang, dan kadang juga makan katak. Jenis lainnya dari binatang ini akan banyak menghabiskan hidupnya dengan berenang di lautan untuk mencari makanan bagi kelangsungan hidup mereka.

Binatang ini adalah jenis makhluk hidup yang lincah, selalu berpindah tempat dalam mencari makanan dan akan selalu aktif bergerak menyusuri perairan sepanjang waktu. Terdapat banyak sekali spesies berang-berang yang hidup di bumi dengan penyebarannya merata diseluruh benua.

No comments:

Post a Comment