Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Pengertian dan Perbedaan Moral, Etika, Moralitas, Etiket

Pengertian dan Perbedaan Moral, Etika, Moralitas, Etiket

Mungkin kita perlu membahas tentang perbedaan etika dan moralitas berkaitan dengan pengertian dari masing-masing istilah tersebut. Etika atau disebut juga dengan etiket tidak sama dengan moral atau moralitas, untuk itu berikut ini sedikit pembahasan tentang ciri ciri dan perbedaan dari keduanya.

Etika dalam bahasa Yunani kuno disebut dengan ethikos memiliki arti 'timbul dari kebiasaan' yang merupakan ilmu filsafat yang mempelajari penilaian moral seseorang. Hal-hal yang terkait dengan etika antara lain adalah baik dan buruk, benar-salah, dan tanggung jawab yang ditunjukkan oleh seseorang.

Sedangkan pengertian moral adalah penilaian oleh manusia kepada manusia lainnya yang merujuk pada hal-hal positif. Misalnya seseorang dikatakan memiliki moral yang baik karena melakukan hal-hal terpuji. Apabila manusia tersebut tidak mempunyai sikap baik maka biasa disebut dengan amoral.

Demikian sedikit ulasan yang berkaitan dengan perbedaan moral dan etika, serta sedikit penjelasan yang mungkin dapat membantu bagi anda yang sedang memerlukan.
Open Comments

Post a Comment for "Pengertian dan Perbedaan Moral, Etika, Moralitas, Etiket"